Cara Bermain Kartu Uno yang Praktis dan Antigagal

Cara Bermain Kartu Uno yang Mudah dan Praktis Ini Harus Diketahui

Satu lagi permainan kartu yang cukup seru adalah permainan kartu Uno. Permainan ini awalnya berasal dari Amerika yang dikembangkan oleh seorang pemilik babershop. Hingga kemudian menyebar hingga ke banyak negara.  Seiring perkembangan jaman, cara bermain kartu uno ini kemudian menjadi beragam.

Nah, buat Anda yang masih bingung dengan cara bermain sebenarnya, bisa menyimak penjelasan di bawah ini:

  1. Jumlah Pemain

Seperti permainan kartu lainnya, kartu uno jika dimainkan sendiri akan jadi tidak seru. Permainan ini sendiri biasanya dimainkan oleh 2-10 orang.

  • Jenis Kartu

Dalam permainan kartu ini, jumlah kartu aslinya adalah 108 yang terdiri dari 76 kartu biasa dan 32 kartu aksi. Kartu biasa mempunyai 4 warna dengan angka 0-9. Setiap angkanya mempunyai 2 kartu. Sehingga rinciannya adalah 19 warna kuning, 19 warna hijau,19 warna merah dan 19 warna biru.

Sedangkan untuk kartu aksi, terdapat banyak jenis kartunya seperti draw to dan reserve  yang mempunyai 2 warna. Kartu ini berfungsi  untuk mengubah arah permainan.

Ada pula kartu skip dan kartu wild . kedua kartu ini mempunyai fungsi untuk menghentikan permainan serta memilih warna yang tidak dimiliki.

  • Cara Bermain

Untuk cara bermainnya terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu:

  • Kocok kartu

Pada saat melakukan permainan ini, siapa pun bisa mengocok kartunya. Tidak ada batasan untuk dapat melakukannya.

  • Bagikan Kartu

Setelah pengocokan kartu usai, kartu bisa dibagikan dengan satu orang mendapat 7 buah kartu.

  • Tentukan Giliran Bermain
  • Untuk menentukan siapa yang berhak memulai permainan, bisa ditentukan dengan yang mendapat kemenangan pada pertandingan sebelumnya. Untuk selanjutnya giliran pemain bisa ditentukan sesuai perputaran arah jam.
  • Memulai Permainan

Permainan bisa dimulai di mana pemain pertama dapat mengeluarkan kartu sesuai warna yang ada di tengah. Mulai dari kartu biasa hingga kartu aksi.

  • Peraturan Menjelang Menang

Keunikan permainan kartu ini adalah ketika permainan akan berakhir di mana pemain yang memiliki kartu terakhir akan mengatakan UNO. Jika pemain lain yang memegang satu kartu terakhir mendahului Anda untuk mengatakan UNO juga, maka Anda yang terlambat harus mengambil 2 kartu lagi.

  • Score

Nilai atau score bisa dihitung jika terdapat pemain yang tela habis kartunya. Untuk pemain lain bisa dihitung score-nya dengan jumlah kartu yang telah dimainkan. Atau permainan bisa dilanjutkan untuk menentukan siapa pemenang juara 2 dengan menunggu hingga kartu habis.

  • Tips Bermain Kartu Uno

Untuk memainkan sekaligus dapat memenangkan permainan ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan seperti:

  • Perhatikan kartu yang dimiliki lawan, sebab kartu ini yang akan mempengaruhi jala permainan Anda selanjutnya.
  • Sering melihat jumlah kartu yang dimiliki oleh pemain lain, sebab pemegang kartu terakhir belum tentu akan jadi pemenang.
  • Perhatikan kartu-kartu yang dapat menguntungkan Anda. Karena kartu tersebut adalah kartu tameng bagi Anda dalam permainan ini.

Demikian informasi singkat tentang cara bermain kartu uno yang mudah dan praktis untuk bisa Anda lakukan. Jadi sudah jelas bukan, mengapa permainan kartu yang satu ini dikatakan sebagai permainan yang seru. Selain jenis kartunya yang tidak terlalu banyak, cara bermainnya pun cukup simple dan mudah untuk dimainkan. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba dengan keluarga atau teman-teman tercinta.

Leave a Comment