Mengenal Sekilas Permainan Kartu Truf dan Cara Bermain Kartunya dengan Mudah

Mengenal Lebih Dekat Tentang Permainan dan Cara Bermain Kartu Truf

Jika dibandingkan dengan permainan kartu lainnya, jenis permainan kartu yang satu ini mungkin masih terasa asing namanya untuk didengar. Permainan kartu truf berasal dari bahasa Belanda yang berarti alat yang digunakan untuk mengalahkan lawan disaat terakhir. Permainan ini sendiri memakai kartu remi sehingga banyak yang menyamakannya dengan permainan kartu remi. Padahal keduanya berbeda dari segi cara bermain kartu dan triknya.

Untuk mengetahui dengan detail tentang permainan ini, simak beberapa faktanya di bawah ini:

  1. Permainan

Permainan kartu truf ini menggunakan kartu remi yang terdiri dari 4 kembang di mana total kartunya berjumlah 52 kartu. Dalam permainan ini umumnya dilakukan oleh 4 pemain. Pada awal permainan para pemain akan mendapat kartu sejumlah 13 buah. Di mana kartu 2 memiliki nilai terendah dan kartu AS dengan nilai tertinggi.

  • Penawaran

Begitu usai kartu dibagikan dan para pemain telah melihat kartunya masing-masing, maka setiap pemain bisa melakukan penawaran untuk menentukan target jumlah kartu untuk setiap pemain. Adapun tujuan pemain dalam permainan ini adalah dapat memenangkan jumlah putaran yang tepat sesuai dengan sejumlah tawaran.

Pada momen ini, penawaran dilakukan secara tertutup di mana para pemain meletakkan kartu sesuai dengan angka yang diinginkan. Jika penawaran telah usai, maka setiap kartu tawaran bisa dibuka untuk melihat tawaran pemain lain. Selanjutnya jenis permainan sudah bisa ditentukan.

  • Permainan Lanjutan

Selanjutnya permainan bisa dilakukan secara bergantian. Di mana pemain pertama dapat memilih kartu mana yang akan dimainkan. Sedangkan pemain lain akan memainkan kartu dengan kembang yang sama. Pemain yang mempunyai kartu dengan nilai tertinggi akan memenangkan putaran permainan tersebut. Permainan ini dilakukan dengan terbuka, kecuali pada saat melakukan penawaran yang memang dilakukan tertutup.

  • Penilaian

Begitu permainan berakhir, maka masing-masing pemain akan mendapatkan skor yang sesuai dengan jumlah putaran yang telah dimenangkan. Adapun tentang rincian skornya adalah sebagai berikut:

  • Jika pemain memenangkan putaran sesuai dengan jumlah tawaran di awal, maka pemain tersebut memperoleh skor sesuai angka tawarannya.
  • Sedangkan pemain yang memenangkan putaran kurang dari jumlah tawarannya di awal, maka nilai yang didapat adalah sejumlah 2 kali selisih dari putaran dan tawaran yang diberikan di awal.
  • Untuk pemain yang memenangkan putaran yang melebihi jumlah tawaran di awal, jumlah nilai yang diperoleh sama halnya dengan poin sebelumnya yakni sejumlah selisih antara putaran dan tawaran di awal.
  • Tips Bermain

Untuk dapat memenangkan permainan ini dengan mudah, terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan seperti diantaranya adalah:

  • Bermain dengan tenang dan penuh perhitungan. Karena permainan ini menggunakan tawaran di awal permainannya, maka setiap pemain harus menghitungnya dengan jeli.
  • Pantau terus kartu yang dimiliki oleh pemain lain sehingga Anda dapat menentukan langkah selanjutnya.
  • Buat tawaran yang sekiranya dapat menguntungkan Anda baik di awal permainan hingga menjelang akhir. Dengan demikian antara jumlah putaran dan tawaran akan sesuai sehingga skor bisa tinggi.

Demikian informasi singkat tentang cara bermain kartu truf yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda. Utamanya yang masih terasa asing dengan jenis permainan ini. meskipun pada dasarnya hampir sama dengan permainan remi, kedua permainan kartu ini mempunyai beberapa perbedaan.

Leave a Comment