Khasiat Cordyceps Militaris Untuk Kesehatan

Khasiat Cordyceps Militaris Untuk Kesehatan

Jamur cordyceps termasuk jenis jamur yang mengandung sejumlah manfaat. Mungkin sebagian orang belum pernah mendengar jenis jamur ini. Akan tetapi, jamur ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Ada 400 spesies jamur cordyceps yang mana sebagian besar dapat dijumpai di China, Nepal, Vietnam, Korea, Bhutan dan juga Korea. Cordyceps merupakan salah satu jenis jamur yang paling sering digunakan. Tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, jamur tersebut juga dapat diproses menjadi ekstra pada suplemen kesehatan.

Berikut beberapa manfaat cordyceps untuk kesehatan, diantaranya

• Membantu Meningkatkan Metabolisme

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Xinxiang Medical College mengungkapkan bahwa cordyceps dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi molekul ATP ( Adenosine triphosphate ) pada tubuh yang mana sangat berperan penting dalam menyalurkan energi ke seluruh bagian otot. Ketika otot memperoleh energi yang diperlukan maka ketahanan tubuh dapat meningkat selama beraktivitas.

• Menurunkan Tingkat Risiko Penyakit Saluran Pernapasan

Ekstrak yang diperoleh dari cordyceps militaris, terutama kandungan yang terdapat didalamnya yakni cordycepin bisa meningkatkan hidrasi serta melancarkan lendir di bagian permukaan saluran pernapasan. Hal tersebut nantinya dapat berpengaruh terhadap pencegahan pada sejumlah penyakit yang mungkin dapat muncul pada saluran pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronis ataupun asma.

• Meningkatkan Sistem Imun ( Daya Tahan Tubuh )

Pada tahun 2017, telah dilakukan sebuah penelitian yang menyatakan bahwa jenis jamur ini bisa bermanfaat untuk sistem imun. Hal tersebut karena ia dapat berperan dalam meningkatkan efektivitas pengobatan atas sejumlah penyakit, seperti HIV, artritis dan juga Crohn’s disease. Selain itu, penelitian lainnya juga dilakukan pada tahun 2015 yang menemukan cordyceps militaris secara efektif dapat membantu meningkatkan mekanisme perlindungan tubuh dari berbagai serangan patogen serta racun.

Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa studi yang mengungkapkan bahwa jenis jamur yang satu ini bisa menghambat pertumbuhan berbagai jenis kanker, salah satunya yakni kanker paru – paru. Sebagian orang mungkin masih belum memutuskan untuk menggunakan jamur ini sebagai suplemen dalam mendukung kesehatan. Akan tetapi, dengan khasiat yang terdapat pada jamur cordyceps membuat suplemen tersebut seharusnya masuk ke dalam daftar suplemen bersumber antioksidan.

Leave a Comment